Uniknya MV Kpop

Tidak bisa dipungkiri bahwa tingkat kepopuleran kpop akhir-akhir ini semakin meningkat di Indonesia. Selain musiknya yang easy listening banyak hal yang bisa membuat orang-orang jatuh cinta terhadap musik korea. Salah satunya adalah music video para musisi korea dan cara penyampaiannya yang bisa dibilang unik. Berikut beberapa hal unik yang ada saat perilisan music video para musisi korea pada saat comeback:

  1. Poster Foto Comeback

Poster foto untuk perilisan sebuah album atau lagu mungkin bisa dibilang biasa dan banyak dilakukan. Namun, ada suatu hal unik yang dilakukan para agensi korea pada saat poster comeback artis mereka dirilis.

Pertama, poster foto comeback terdiri dari berbagai macam poster. Berikut rangkuman beberapa poster comeback para musisi korea.

(Gambar 1. Release Poster Diambil dari Instagram Akmuchanhk)

Hal pertama yang dilakukan agensi untuk memberitahukan bahwa artis mereka secara resmi comeback dengan adanya perilisan release poster. Pada poster ini biasanya agensi hanya mengungkapkan waktu perilisan music video dan masih merahasiakan concept comeback yang diambil artisnya.


(Gambar 2. Title Poster Diambil dari Vlive Bigbang)

Seperti namanya poster ini mengungkapkan title track di album yang sebelumnya sangat dirahasiakan oleh agensi begitu pula artisnya.


(Gambar 3. Concept Poster Diambil dari Instagram yg_treasure_official)

Pada poster ini konsep yang dibawakan pada comeback mendatang  diungkapkan. Biasanya agensi akan merilis beberapa concept poster sesuai dengan jumlah member apabila artis yang comeback berbentuk grup.


(Gambar 4. Tracklist Poster Diambil dari Instagram Winnercity)

Poster ini mengungkapkan deretan judul lagu yang ada pada album di comeback mendatang. Biasanya perilisan tracklist poster ini diikuti oleh perilisan sampler lagu berbentuk video. Sampler tersebut berisi potongan pendek lagu dari semua track.


Hal kedua yang menjadikan perilisan poster comeback musisi korea unik adalah waktu perilisan poster tersebut. Hampir semua agensi korea merilis release poster dan beberapa poster lainnya di jam 00.00 KST atau jam 10.00 WIB. Biasanya agensi akan merilis poster-poster tersebut dengan jarak yang cukup jauh dari waktu music video dirilis dan di gap waktu tersebut agensi akan merilis poster-poster tersebut. Namun, waktu perilisan tentu saja dirahasiakan dan hal ini terkadang yang membuat para fans tertidur selepas jam 10 malam hanya untuk memastikan poster yang dirilis.


  1. Teori

Teori yang dimaksud disini merujuk pada alur cerita yang disajikan dalam music video. Beberapa musisi korea menyajikan music video mereka dengan adanya alur cerita yang misterius di dalamnya. Fans kpop biasa menyebut hal tersebut dengan teori karena pasti ada suatu hal yang harus dipecahkan untuk bisa mengerti alur cerita yang diberikan. Konsep teori inilah yang biasanya membuat orang-orang kesulitan dan akhirnya berdiskusi untuk memahami alur cerita dalam music video tersebut. Teori dalam sebuah music video ini biasanya berkaitan satu sama lain dengan teori yang ada di music video comeback sebelumnya atau comeback mendatang. Salah satu hal yang paling menarik adalah urutan waktu perilisan music video tidak berpengaruh terhadap urutan storyline, jadi bisa saja MV yang dirilis tahun lalu merupakan kelanjutan storyline dari MV yang akan dirilis dua tahun kedepan. Ini juga yang menyebabkan agensi banyak berfokus pada setiap detail seperti set atau property lainnya di dalam sebuah music video karena hal inilah yang akan mengaitkan satu teori dengan teori lainnya yang ada dalam beberapa music video. Jadi hal lumrah jika seseorang kesulitan untuk memahami cerita yang disampaikan dalam music video jika mereka hanya menonton satu dua MV saja. Berikut merupakan contoh video yang menjelaskan keterkaitan setiap MV dengan storyline utama yang ingin disampaikan agensi dan para musisinya.


(Sumber Youtube JYP Entertainment)

(Sumber Youtube SMTOWN)




Komentar

Postingan Populer